Tips Menjadi Anak Yang Pintar

Ilustrasi Belajar dengan keras
        Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar. Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung di bimbing oleh Bapak atau Ibu Guru. Belajar yang dilakukan secara terburu-buru akibat dikejar-kejar waktu memiliki dampak yang tidak baik. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat menjadi masukan berharga dalam mempersiapkan diri untuk ulangan maupun ujian :


  •  Belajar kelompok
Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada dirumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami.
  •  Rajin membuat catatan intisari pelajaran
Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehinga dapat dibaca di manapun kita berada. Namun, catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan sendiri.
  • Membuat perencanaan yang baik
Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.
  • Disiplin dalam belajar
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Belajar tepat waktu dan serius dengan konsentrasi penuh.
  • Menjadi aktif bertanya dan ditanya
Jika ada hal yang belum jelas, tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanyai.
  • Belajar dengan serius dan tekun
Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti.
  • Hindari belajar berlebihan
Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap menghadapi ulangan adalah dengan belajar hingga larut malam, begadang dan membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika begadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan.
  •  Jujur dalam mengerjakan ulangan
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita menjadi curang dan pembohong.

Tips di atas tidak akan berguna ataupun tak mempunyai arti apabila tidak diiringi dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Terus semagat dalam belajar..... :)

1 komentar:

  1. thanks banget yaa
    allah akan menjadi yang pertama pastinya, dunk! karna doa tanpa usaha akn sia2, begitu jg sebaliknya...!!!!!
    fasthabikhul khairat(berlomba dalam kebaikan)>,<

    BalasHapus

 
Hak Cipta © 2013 Mamka blog - 'Personal' blog | Mkanam - Didukung oleh Blogger